Kamis, 21 April 2016

Prak 08 – Membuat Material Mirip Lampu Stadion
19.27

Prak 08 – Membuat Material Mirip Lampu Stadion


1. Tujuan

Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion.


2. Alat

Cinema 4D R16


3. Bahan

tanpa bahan

4. Dasar Teori

Bump maps adalah maps yang memfokuskan permukaan tekstur pada objek, dengan menggunakan maps ini, permukaan geometri/objek akan terlihat berbeda dan unik, tidak seperti objek-objek yang memiliki permukaan normal pada umumnya. Rumus pekerjaan dari maps ini akan menerapkan bidang untuk intensitas dalam maps yang menunjukkan tingkat rendah tingginya suatu permukaan objek, fungsi maps ini akan mengacaukan permukaan objek yang normal, sehingga menimbulkan kesan unik ketika hasilnya sudah di-render.Untuk kegiatannya, bump mapping adalah sebuah teknik grafis komputer di mana pada setiap pixel untuk permukaan normal objek, akan diberikan efek tidak halus dan diterapkan sebelum melakukan perhitungan iluminasi. Hasilnya, objek yang diberi maps akan lebih kaya, serta lebih rinci untuk representasi permukaan objek dan lebih mirip pada permukaan alam.Gunakan pertanyaan berikut untuk menuliskan dasar teori yang relevan

Channel color digunakan untuk mengatur main color pada material yabg kita buat
Channel reflectance untuk mengatur refleksi dari material yang kita buat
Channel luminance untuk mengatur luminance pada material yang dibuat
Textures circles digunakan memberikan tekstur tiles yang berbentuk lingkaran

5. Tugas Praktikum

Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Hasil Praktikum

sertakan video hasil praktikum pada bagian ini

7. Kesimpulan

Pada praktikum ini, Setelah mengikuti langkah-langkah praktikum yang diberikan. Saya dapat mengikuti setiap langkah-langkahnya, dan akhirnya saya dapat menyelesaikan praktikum ini dengan baik.

9. Referensi

Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper
indrie7.blogspot.co.id - Material dan Tekstur

0 komentar:

Posting Komentar