Prak 07 – Membuat Aset Utama
1. Tujuan
Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.2. Alat
Adobe Illustrator CCCinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan4. Dasar Teori
NURBS/Spline ModelingNURBS adalah teknik pemodelan yang digunakan paling banyak untuk pemodelan otomotif dan industri. Berbeda dengan geometri poligonal, kotak NURBS tidak memiliki wajah, tepi, atau simpul. Sebaliknya, NURBS model terdiri dari permukaan dibuat oleh permukaan halus.
NURBS Curves diciptakan dengan alat yang bekerja sangat mirip dengan pen tool di MS cat atau Adobe Illustrator. Kurva digambar dalam ruang 3D, dan diedit dengan menggerakkan serangkaian yang disebut CV (kontrol simpul). Untuk model permukaan NURBS, artis menempatkan kurva di sepanjang kontur menonjol, dan perangkat lunak secara otomatis interpolates ruang yang diantaranya.
Sweep adalah alat untuk membuat bentuk 3D dengan cara mengulang sebuah bentuk terhadap bentuk tertentu
Sebuah teknik baru yang dikembangkan, umumnya disebut "bump mapping". Yaitu teknik memberikan tekstur pada objek yang menunjukkan ketinggian permukaan. Jadi objek yang dihasilkan lebih terlihat 3D.
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
6. Hasil Praktikum
Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBSMembuat material yang bersifat Glossy
8. Kesimpulan
pada praktikum kali ini saya hanya bisa mengikuti satu tahap saya yakni tahap menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS. akan tetapi hasil yang dihasilkanpun belum sempurna karena tulisannya terlalu kecil.9. Referensi
Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports BumperCinema 4D | How to Make a Glossy/Glassy Material
0 komentar:
Posting Komentar