Sabtu, 10 Oktober 2015

Desain GRA(F/T)IS ?
21.46

Desain GRA(F/T)IS ?

     

       Buat para master desain, atau gak jauh jauh deh, kamu - kamu yang bisa desain pasti sering banget diminta tolong sama teman kamu untuk mendesain sesuatu, entah itu poster, banner atau bahkan ucapan selamat ulang tahun untuk pacarnya tercinta (yang punya pacar siapa yang bikinin hadiah siapa :” ). Terus setelah dibuatkan  mereka dengan seenaknya protes,  kurang inilah kurang itulah gak ginilah gak begitulah. Well,  Seorang desainer harusnya diapresiasi atas hak cipta dengan apa yang udah dibuat. Yang paling rendah adalah apresiasi dalam bentuk ucapan terimakasih. Dan yang paling parah adalah nggak ngucapin sama sekali.

Tapi Apakah Seorang Desainer Harus Diberikan Apresiasi?

           Untuk awalan memang tidak masalah.  Mau membangun reputasi dengan menggratiskan karya terlebih dahulu atau emang itu prinsip. Tapi sebagai seorang klien atau “orang yang minta tolong” ada baiknya tidak menggeneralisasikan prinsip gratis tersebut. Seorang desainer selalu menyangkut hak cipta. Dan hak cipta harus diapresiasi. Mereka sudah mati - matian memeras otak mereka demi menemukan ide yang pas untuk sebuah desain (karya), masa kerja keras mereka tidak dihargai sama sekali.
          
           Banyak orang memandang sebelah mata arti seorang desainer. Mungkin mereka memandang kerjaannya cuman di depan laptop atau komputer, bergelut dengan Photoshop, Ilustrator, Coreldraw dan lain sebagainya. Mereka tidak tahu bahwasahnya untuk menemukan ide yang tepat itu butuh perjuangan dan pemikiran yang panajng. Tidak usah heran kalau di Indonesia desain banner, baliho, poster tiap tahun terkesan “ kayak gitu-gitu aja” dan tidak berkembang dengan  cepat. Ya itu tadi, salah satu faktornya adalah minim apresiasi. Untuk berkembang butuh modal, bagaimana mau berkembang kalau tidak diberi modal?

            Kreatif bukan hal mudah yang didapat sejak lahir. Pola pikir dan proses berpikir kreatif dengan latihan terus meneruslah yang membuat seseorang bisa disebut kreatif. Mereka menolong orang lain dalam hal desain, tolong balik dengan menghargainya. 

Loh Berarti Desain Grafis Harus Dibayar?

             Ada istilah yang berbunyi “ada uang ada ada barang” kalau di fikir  - fikir ya memang betul sekali, dengan dibayar pasti sang desainer sungguh - sungguh dalam mengerjakan projek tersebut,  otomatis desain yang dihasilkannya pun lebih baik. Dengan adanya apresiasi yang berupa uang juga dapat memicu sang desainer untuk lebih kreatif dan inovatis lagi dalam mendesain sesuatu. 

            Sekali lagi terserah mau di bayar atau tidak, tapi yang jelas harus diapresiasi. Contohnya jika kamu minta dibuatkan desain poster sebuah event. Hak ciptanya tetep desainer. Atau bisa saja kamu memberikan freepass untuk acara tersebut pada sang desainer. 

0 komentar:

Posting Komentar