Kamis, 25 September 2014

Kenal Lebih Dekat dengan Adobe Photoshop
15.09

Kenal Lebih Dekat dengan Adobe Photoshop

     


     A.  Sekilas Tentang Adobe Photoshop

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi yang terakhir (ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6.

Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.


B.  Kenapa saya menggunakan photoshop

            Salah satu alasan saya menggunakan adobe photoshop adalah yang pertama photoshop mudah di pelajari dan saya sudah menggunakan adobe photoshop itu sejak saya smp yang awalnya hanya sekedar untuk menambah brightness dan crop sebuah foto sampai saat ini saya sering menggunakan adobe photoshop untuk membuat layout sebuah stiket, poster dan lain lain.

            Mengapa saya lebih memilih photoshop daripada corel ataupun Ai untuk membuat layout sebuah poster dll. Karena menurut saya adobe photoshop itu lebih mudah digunakan karena disana kita hanya memodifikasi gambar lain halnya dengan corel ataupun Ai yang pada dasarnya kedua aplikasi tersebut adalah aplikasi untuk menggambar (Drawing Application) yang tentunya memerluka kreatifitas yang tinggi untuk meggunakannya.

            Selain mudah di gunakan yang kedua alasan saya menggunkan adobe photoshop adalah sudah banyak di kenal orang sehingga tersedia banyak sekali tutorial tentang adobe photoshop  yang tersedia di internet.

C.   Kelebihan dan kekurangan Adobe Photoshop

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari adobe photoshop yang saya ambil dari berbagai sumber di internet :
1.       Kelebihan Adobe Photoshop
Adobe Photoshop mempunyai banyak fasilitas yang memungkinkan seorang Desainer menciptakan efek-efek tertentu dan bisa menggunakan banyak variasi dari fasilitas yang disediakan oleh Adobe Photoshop, beberapa diantaranya yaitu:
-     Membuat tulisan dengan effect tertentu.
Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang ada didalamnya
-          Membuat tekstur dan material yang beragam.
Dengan langkah-langkah tertentu, seorang Desainer dapat membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainnya
-          Mengedit foto dan gambar yang sudah ada.
Dengan Photoshop kita dapat merubah gambar kita jelek menjadi bagus ataupun sebaliknya. Selain itu juga Photoshop dapat merubah foto seseorang menjadi sebuah gambar kartun. Atau dalam Design Grafis disebut vector and vexel.
-          Memproses materi Web.
Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF.


2.       Kelemahan Adobe Photoshop
Kelemahan Adobe Photoshop dalam menciptakan Image adalah bahwa Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang statis, dan juga dengan berkembangnya versi Photoshop sekarang ini spesifikasi Komputer untuk menjalankan program Adobe Photoshop juga harus sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi pula.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan adobe photoshop menurut pandangan saya pribadi :

Kelebihan
1.       Mudah dipelajari
2.       Tools yang lebih lengkap
3.       Bayak sekali tutorial yang terdapat di internet sehingga kita lebih mudah untuk mempelajarinya
4.       Pilihan warna yang lebih banyak jika di bandingkan dengan corel draw.
5.       Merupakan standart internasional untuk editing sebuah gambar/ foto.

Kekurangan
1.       Sering terjadi “not responding” pada device, terutama pada device yang spesifikasinya rendah.
2.       Bukan sebuah freeware (sofware gratis) sehingga kita harus membelinya terlebih dahulu

0 komentar:

Posting Komentar