Senin, 13 Oktober 2014

Bukti Peninggalan Kerajaan Majapahit
15.19

Bukti Peninggalan Kerajaan Majapahit



1. Prasasti Taji Gunung (910 M)


Berisi tentang penyebutan dewa-dewa dengan “Om, Namassiwaya namo Buddhaya”. Artinya “Selamat, bakti kepada Siwa dan Buddha.


2. Prasasti Kudadu (1294 M)

Mengenai pengalaman Raden Wijaya sebelum menjadi Raja Majapahit yang telah ditolong oleh Rama Kudadu dari kejaran balatentara Yayakatwang setelah Raden Wijaya menjadi raja dan bergelar Krtajaya Jayawardhana Anantawikramottunggadewa, penduduk desa Kudadu dan Kepala desanya (Rama) diberi hadiah tanah sima.


3. Prasasti Sukamrta (1296 M)

Pada lempeng Xa baris ke-dua dan ke-tiga nama dewa disebut “Sri Maharaja, apan Sira Prabu dewa murti, wirinci narayana santaratma”. Artinya “Sri Maharaja, karena beliau adalah seorang raja penjelmaan dewa, yaitu Wirinci (Brahma), Narayana (Wisnu), Sankara (Siwa).



4. Prasasti Singhasari (1351 M)

Berbunyi “komaktan . paduka bhatara sang lumah ring siwa Buddha” yang artinya sang paduka sudah bersatu dengan siwa Buddha.


5. Prasasti Canggu (1358 M)

Mengenai pengaturan tempat-tempat penyeberangan di Bengawan Solo. Prasasti Biluluk (1366 M0, Biluluk II (1393 M), Biluluk III (1395 M). Menyebutkan tentang pengaturan sumber air asin untuk keperluan pembuatan garam dan ketentuan pajaknya.

6. Prasasti Waringin Pitu (1447 M)

Mengungkapkan bentuk pemerintahan dan sistem birokrasi Kerajaan Majapahit yang terdiri dari 14 kerajaan bawahan yang dipimpin oleh seseorang yang bergelar Bhre, yaitu Bhre Daha, Bhre Kahuripan, Bhre Pajang, Bhre Wengker, Bhre Wirabumi, Bhre Matahun, Bhre Tumapel, Bhre Jagaraga, Bhre Tanjungpura, Bhre Kembang Jenar, Bhre Kabalan, Bhre Singhapura, Bhre Keling, dan Bhre Kelinggapura.


7. Pustaka Kinjarakarna

Ditegaskan bahwa seorang pengikut Siwa dan Buddha tidak dapat mencapai pelepasan jika ia memisahkan yang sebenarnya satu, yaitu Siwa-Buddha.



8. Kitab Nagarakrtagama


Dalam beberapa prasasti Majapahit yang memuat daftar dharmmaupapatti para pejabat dapat dikelompokkan ke dalam golongan Buddha dan golongan Siwa. Diantara beberapa upappati ada yang menjabat urusan sekte-sekte tertentu seperti Bhairawapaksa, Saurapaksa, dan Siddhantapaksa. Dari kitab Sanghyang Kamahayanikan, diketahui terdapat sekte-sekte agama Buddha yang disebut Sang Wadisisya Bhagawan Kapila, Sang Wadhikanabhaksasisya, Sang Wadiwesnawa, Sakara, dan Wahyaka. Tidak hanya itu saja kedudukannya sebagai pejabat keagamaan, para upapatti dikenal juga sebagai kelompok cendikiawan, dan kelompok bhujangga

.

9. Kitab Sutasoma

Diceritakan bahwa Kalarudra, seorang tokoh agama Hindu sangat murka kepada Sutasoma, seorang titisan Buddha dan hendak memusnahkannya. Para dewata mencoba meredakan kemurkaan Kalarudra dengan mengingatkan kepadanya bahwa Buddha dan Siwa sebenarnya tidak dapat dijadikan dua (dipisahkan). Jinatawa (hakikat Jina atau Buddha) adalah sama dengan Sinatattwa (hakikat Siwa). Selanjutnya diajarkan supaya orang merenungkan Siwa-Buddha-Hattwa atau hakikat Siwa-Buddha.



10. Pustaka Arjunawijaya

Ketika Raja Arjunawijaya memasuki candi Buddha, para bhiksu menerangkan bahwa para Jina penunggu alam yang digambarkan dalam patung-patung sama dengan para jelmaan Siwa. Wairacana sama dengan Sadasiwa berada di timur, Ratnasambhawa sama dengan Brahma berada di barat, dan Amoghasiddhi sama dengan Wisnu berada di utara.

0 komentar:

Posting Komentar